Tuesday, January 2, 2018

MENGENAL MENU VIEW MICROSOFT POWERPOINT

MENGENAL MENU VIEW MICROSOFT POWERPOINT - Bismillahirrahmanirrahim... Assalamu'alaikum wr wb. Sahabat panduan office 25 yang dirahmati Allah, ketemu lagi pada Panduan PowerPoint Dasar. Kali ini kita akan mengenali tentang apa itu menu view microsoft powerpoint dan apa saja manfaat dari menu tersebut.

APA ITU MENU VIEW?

menu view microsoft powerpoint adalah sebuah menu yang berisi perintah untuk mengubah tampilan presentasi yang sedang kita kerjakan. menu view sangat memudahkan kita ketika sedang mengedit presentasi. Pada powerpoint versi 2019 terdapat 5 perintah pengaturan yang dapat kita gunakan.

Sebelumnya kita kenali 5 perintah tersebut supaya lebih jelas teman-teman buka terlebih dahulu program powerpoint teman-teman. Setelah terbuka sempurna silahkan aktifkan menu VIEW microsoft powerpoint. Bagaimana cara mengaktifkan menu view? caranya bisa dengan menekan tombol VIEW pada tab menu ribbon atau dengan menekan tombol kombinasi CTRl + V pada keyboard.

Untuk tampilan View kurang lebihnya seperti berikut ini;

Tampilan menu View pada Powerpoint - Panduan Office 25

Sekarang akan kita ulas satu-persatu apa saja yang ada pada menu view ini. Kita mulai dari group icon yang berada di paling kiri.

Pada bagian paling kiri akan kita temukan group icon dengan label Presentation Views. Pada label ini berisi 5 tampilan yang biasa kita gunakan dalam mengedit presentasi. Perhatikan gambar berikut ini

MENU VIEW pada POWERPOINT

Berikutnya akan kita bahas 5 tampilan tersebut dan apa saja kegunaannya,

  1. Normal :

    Tampilan Normal adalah yang terdiri dari 2 bilah yaitu bilah kiri dan kanan, bilah sebelah kiri berisi thumbnail slide yang kita gunakan untuk memilih slide yang ingin kita edit, sedangkan bilah kanan berisi tampilan lembar kerja yang kita gunakan untuk mengedit isi slide.

  2. Outline View :

    Tampilan Outline View adalah berisi seluruh tampilan presentasi dalam bentuk thumbnail. Tampilan ini hanya berisi 1 bilah saja, Dengan tampilan ini kita akan sangat mudah melihat keseluruhan slide yang telah kita buat dan apabila kita ingin mengeditnya kita tinggal double klik pada kotak slide yang kita ingin edit.

bab ini saya akan bahas masing-masing tampilan yang ada pada presentation views, kemudian pada bab-bab berikutnya saya akan pandu bagaimana anda dapat menggunakan masing-masing tampilan.

Jika anda cermati ada satu tampilan yang hilang dari menu ini yaitu tampilan Slide Show, Slide Show adalah tampilan yang digunakan untuk menampilkan presentasi dalam layar penuh. Tampilan ini sebenarnya masih ada namun letaknya saja yang berubah. Jika anda perhatikan di sudut kanan bawah, anda akan menemukan icon untuk memasuki tampilan slide show , seperti gambar berikut ini.

Atau anda juga dapat menekan F5 pada keyboard untuk memulai Slide Show.
Pada bagian Master Views yang berisi (Slide Master, Handout Master, dan Notes Master) digunakan untuk mengubah elemen template PowerPoint, bukan presentasi. Jadi tidak akan kita bahas pada bab ini, karena bab ini hanya fokus pada Presentation Views.

Sekarang setelah kamu tahu bagaimana mengubah tampilan powerpoint, selanjutnya saya akan bahas lebih lanjut tentang perbedaan tampilan PowerPoint dan mengapa kamu harus menggunakannya selama membuat presentasi.

Demikianlah materi pada bab I MENGUBAH TAMPILAN POWERPOINT. Setelah kita memahaminya, selanjutnya saya akan bahas tampilan yang pertama yaitu tampilan Normal pembahasannya dapat anda temukan pada bab II.

Anda sudah menyelesaikan 1 dari 6 bab
17%

0 Comments:

Post a Comment