Ketika kita membuat sebuah dokumen, jarak baris haruslah kita perhatikan. Karena hal ini akan mempengaruhi kerapian dan keindahan tulisan pada dokumen yang kita buat. Jarak spasi yang dimaksud disini adalah jarak antar baris dalam suatu tulisan atau paragraph. Semakin besar spasinya, maka jarak antara baris tulisan diatas dan dibawahnya akan menjadi lebih besar. Secara default Microsoft Word mengatur spasi dengan ukuran spasi 1 (single). Kita bisa mengatur jarak spasi menjadi 1,5 atau double ( 2). Namun demikian kita masih bisa untuk mengatur sendiri jarak spasi yang kita inginkan, sperti 1,3 ; 1,7 ; atau yang lainnya.
Ada 3 cara untuk mengatur jarak spasi di Microsofts Word, perhatikan baik-baik panduannya berikut ini:
- Sebelum mengatur jarak baris buka terlebih dahulu dokumen TUGAS MODUL 2 yang kemarin sudah pernah kita buat.
- Pilih seluruh isi pada Episode 1
- Untuk mengatur spasi baris gunakan salah satu dari tiga cara berikut ini :
- Klik menu Home kemudian pilih tanda panah dipojok kanan bawah pada group menu Paragraph.
- Klik tab Indents and Spacing,pada pilihan Line Spacing klik tombol dropdown disebelah tulisan single.
- Pilih salah satu pilihan spasi yang tersedia single, 1,5 atau double.
- Jika anda menginginkan spasi sendiri, maka setelah menekan tombol dropdown pilihlah pilihan multiple.
- Disebelah kanannya terdapat pilihan At. Dan isilah sesuai yang anda inginkan, missal spasi 1,3 ; 1,7 ; 2,2 atau yang lainnya.
- Klik OK.
- Tekan tombol perintah Line and paragraph Spacing pada group menu paragraph,
- Pilih salah satu spasi yang diinginkan atau pilih line spacing options untuk mengatur spasi sesuai dengan keinginan seperti langkah diatas.
- Ctrl + 1 untuk jarak spasi 1
- Ctrl + 5 untuk jarak spasi 1,5
- Ctrl + 2 untuk jarak spasi double (2)
Cara 1
Cara 2
Cara 3
Demikian panduan mengatur jarak baris/spasi baris, semoga bermanfaat dan semakin menambah pengetahuan kita.
0 Comments:
Post a Comment