Sunday, April 30, 2017

Microsoft Word : Mengaktifkan Menu Microsoft Word dengan 4 cara

video tutorial cara mengaktifkan menu microsoft word

MENGAKTIFKAN MENU MICROSOFT WORD - Toolbar di microsoft Word tidak aktif, bagaimana cara mengaktifkannya ? atau bagaimana cara mengaktifkan menu bar di microsoft word ? Jika ini yang teman-teman cari maka teman-teman datang di tempat yang tepat. Karena pada tutorial kali ini kami bagikan 4 cara mengaktifkan menu pada Microsoft word. Apa saja 4 cara tersebut ? simak baik baik tutorialnya hingga akhir supaya tidak ada yang terlewatkan.

Bismillahirrahmanirrahim...Assalamu'alaikum wr.wb. Hallo teman-teman, selamat datang di blog PANDUAN OFFICE 25. Sebuah blog yang membagikan panduan seputar Microsoft office, baik itu word, excel, maupun powerpoint.

Tahukah anda bahwa bagian terpenting dari suatu program atau aplikasi adalah menu. Menu diibaratkan sebuah saklar yang apabila diaktifkan akan menghidupkan sebuah fungsi. Maka tanpa adanya menu maka sebuah program atau aplikasi tidak akan bekerja dengan maksimal. Begitu juga apabila sebuah program atau aplikasi mempunyai deretan menu namun teman-teman tidak dapat mengaktifkannya, maka sudah pasti program atau aplikasi tersebut menjadi tidak berguna. Itulah pentingnya mengapa kita harus mempelajari materi ini.

4 CARA MENGAKTIFKAN MENU MICROSOFT WORD

Sebelum kita masuk ke materi tentang cara mengaktifkan menu microsoft word, ada baiknya kita pahami apa itu menu. Menu adalah daftar perintah-perintah suatu perangkat lunak (program) yang apabila dieksekusi akan menjalankan suatu perintah tertentu dari aplikasi.

Menu digunakan sebagai alternatif dari antarmuka baris perintah. Jadi sebuah program atau aplikasi tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya menu. Dan sebuah program yang baik adalah apabila menu-menu pada program atau aplikasi tersebut mempermudah pengguna (User). Sekarang kita menuju kepada materi selanjutnya yaitu mengenal menu apa saja yang terdapat pada Program Microsoft Word ini dan bagaimana cara mengaktifkannya.

Untuk mengaktifkan menu Microsoft word anda dapat menggunakan 4 cara berikut ini :

  1. Menonaktifkan Collapse The Ribbon (ctrl+F1)
  2. Cara mengaktifkan menu microsoft word yang pertama adalah menonaktifkan collaps the ribbon (ctrl+F1). Cara ini digunakan apabila menu pada program atau aplikasi disembunyikan. Dengan menonaktifkan perintah ini maka menu akan aktif. Klik gambar untuk melihat caranya!

    cara mengaktifkan menu microsoft word dengan menonaktifkan collapse the ribbon

  3. Klik kiri pada nama menu
  4. Cara mengaktifkan menu microsoft word yang kedua adalah klik kiri pada nama menu. Cara yang kedua ini cukup simple teman-teman bisa langsung memilih dan klik nama menu yang teman-teman maksudkan yang terdapat pada Tab menu.

    cara mengaktifkan menu microsoft word dengan klik kiri nama menu

  5. Menggunakan tombol kombinasi pada keyboard
  6. Cara mengaktifkan menu microsoft word yang ketiga adalah menggunakan tombol kombinasi pada keyboard. Cara ini digunakan untuk mempercepat pekerjaan atau apabila mouse atau Touchpad pada laptop tidak berfungsi. Adapun tombol kombinasi tersebut adalah sebagai berikut :

    cara mengaktifkan menu microsoft word dengan tombol kombinasi

    Jika teman-teman susah mengahafal kombinasi diatas, teman-teman cukup menekan tombol Alt dan secara otomatis tombol kombinasinya akan tampil dilayar.

  7. Activasi program office
  8. Cara mengaktifkan menu microsoft word yang keempat adalah activasi program office. Apabila 3 cara yang sudah kami sampaikan tidak dapat teman-teman gunakan kemungkinan office teman-teman belum diaktivasi. Untuk mengaktivasi silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

    1. Buka terlebih dahulu windows security.
    2. Kemudian buka virus & threat protection.
    3. Pada bagian virus & threat protection setting pilih manage settings.
    4. Nonaktifkan semua proteksi.
    5. Berikutnya minimize virus & threat protection.
    6. Copy kode activasi yang ada pada link berikut ini:(https://bit.ly/3VoddV2.)
    7. Pastekan pada program notepad.
    8. Simpan dengan nama AKTIFASI.cmd
    9. Klik kanan file AKTIFASI.cmd kemudian pilih run as administrator.
    10. Tunggu hingga proses selesai.
    11. Setelah aktivasi sukses buka kembali Microsoft Word teman-teman.
    12. Tutorial lengkapnya dapat anda lihat pada video dibawah ini

Demikian sedikit yang dapat kami bagikan kepada teman-teman tentang cara mengaktifkan menu microsoft word. Semoga yang sedikit ini memberikan manfaat. Terima kasih sudah mengikuti panduan ini hingga akhir tonton juga panduan-panduan kami yang lainnya. Wassalamualaikum wr. wb.

Lanjut ke panduan berikutnya

2 comments:

  1. Kak tetep nggak bisa hidup kak. Kan itu aku mau ngelanjutin tugas di Microsoft word trus pas mau ngerjain kok ikon nya pada mati nggak bisa dipencet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan program word kamu terdeteksi sebagai bajakan. Coba aja diinstal ulang lagi.

      Delete