PENGENALAN DASAR Microsoft POWERPOINT

PENGENALAN DASAR Microsoft POWERPOINT - Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum wr. wb. Hallo….teman-teman, Jumpa lagi dengan blog kesayangan kita Panduan Office 25. Sebuah blog yang membagikan panduan seputar Microsoft office, baik itu word, excel, maupun powerpoint.

Baiklah pada seri pertama ini kita akan belajar bersama tentang

PENGENALAN DASAR Microsoft POWERPOINT

Adapun materi yang akan kita pelajari kali ini adalah,

NB.Teman-teman bisa langsung menuju materi dengan mengklik judul yang ada pada daftar materi seri 1 diatas.

Tidak lupa sebelum mulai pembahasan kita, mari kita buka dengan membaca surat Al-Fatihah, semoga dengan pembacaan Al-Fatihah tadi Allah membukakan hati dan pikiran kita supaya mudah memahami apa yang kita pelajari hari ini.

Ok teman-teman, kita akan bahas materi diatas satu persatu. Kita mulai dari yang pertama.

1. MENGAKTIFKAN PROGRAM POWERPOINT

Saya yakin sekali sebagian besar dari teman-teman sekalian sudah tahu bagaimana cara menjalankan aplikasi ini. Namun bagi yang pertama mengenal aplikasi ini mungkin perlu saya bahas caranya bagaimana cara mengaktifkan aplikasi ini.

Baiklah ada 5 metode yang sering saya gunakan untuk menjalankan aplikasi ini,

1.1. MENGAKTIFKAN POWERPOINT DENGAN DOUBLE KLIK

metode yang pertama adalah dengan cara doubleklik(klik 2X) ikon Microsoft powerpoint. Cara ini sering sekali digunakan oleh mayoritas pengguna. Karena cara ini dianggap paling mudah. Yang perlu teman-teman lakukan adalah

  1. arahkan kursor pada ikon atau logo Microsoft powerpoint pada desktop.
  2. kemudian klik 2x ikon tersebut.
  3. Berikutnya tunggu proses loading selesai dan program Microsoft powerpoint siap digunakan.
Panduan Office 25

1.2. MENGAKTIFKAN POWERPOINT MELALUI START

Cara yang kedua ini cukup menggunakan klik 1x saja. Caranya adalah sebagai berikut

  1. arahkan kursor ke lambang start (logo Microsoft) yang terdapat dipojok kiri bawah,
  2. kemudian akan tampil barisan ikon vertical.
  3. Cari logo Microsoft powerpoint seperti pada desktop dengan cara scroll (memutar roda pada mouse) kebawah.
  4. setelah ketemu klik sekali logo tersebut
Panduan Office 25

1.3. MENJALANKAN POWERPOINT DENGAN SEARCH

Cara yang ketiga ini adalah dengan memanfaatkan kotak pencarian. Caranya,

  1. tekan tombol search (logo kaca pembesar dikiri logo start).
  2. Kemudian ketikkan kata Microsoft powerpoint pada kotak pencarian.
  3. Tunggu hingga tampil logo Microsoft powerpoint disana.
  4. setelah ketemu klik sekali logo tersebut
Panduan Office 25

1.4. MENJALANKAN POWERPOINT DENGAN TOMBOL OFFICE

Cara yang keempat ini adalah dengan memanfaatkan tombol office pada keyboard. Cara ini digunakan apabila mouse atau touchpad pada laptop teman-teman tidak dapat digunakan. Adapun caranya sebagai berikut :

  1. tekan tombol office pada keyboard.
  2. Kemudian akan tampil sebuah jendela.
  3. Tekan tombol tab 2 kali
  4. Cari logo powerpoint dengan menggunakan tombol panah kebawah pada keyboard.
  5. Bila sudah ketemu tekan tombol enter.

1.4. MENJALANKAN POWERPOINT DENGAN SHORTCUT

Untuk menggunakan cara yang terakhir ini kita harus mensetingnya terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut :

  1. Arahkan kursor pada ikon powerpoint pada taskbar.
  2. Kemudian klik kanan ikon tersebut.
  3. Pada jendela yang tampil pilih properties.
  4. Kemudian akan tampil jendela yang kedua.
  5. Pada jendela yang kedua pilih shortcut.
  6. Pada kolom shortcut key isi dengan tombol yang kalian inginkan. Misalnya ctrl+alt+P
  7. Terakhir tekan tombol ok

Setelah kita menseting shortcut, berikutnya coba teman-teman tekan tombol kombinasi yang baru saja teman-teman buat.

Demikian tadi 5 cara yang direkomendasikan untuk mengaktifkan program powerpoint. Kami tidak mewajibkan teman-teman untuk menggunakan cara yang pertama saja, atau cara yang kedua saja, atau cara yang ketiga saja, tapi silahkan teman-teman pilih cara mana yang teman-teman rasa paling mudah.

Kita lanjutkan pada materi yang kedua yaitu,

2. PENGENALAN TAMPILAN AWAL

Setiap aplikasi pastilah mempunyai interface atau tampilan muka, dalam dunia programmer ini biasa disebut User Interface (UI). Demikian juga dengan aplikasi powerpoint. Ketika aplikasi sudah aktif maka tampilan awal yang akan tampil adalah seperti gambar di bawah ini,

Panduan Office 25

Inilah yang dinamakan user interface atau tampilan awal Microsoft POWERPOINT. Pada User Interface terdapat beberapa komponen yang harus anda ketahui sebelum menggunakan aplikasi ini komponen tersebut adalah ;

2.1 KOMPONEN USER INTERFACE

  1. Pinned :
  2. berisikan nama-nama file yang sudah kita tandai.

  3. Older :
  4. berisikan nama-nama file yang terakhir kita buka.

  5. Open Other Presentation :
  6. tombol untuk membuka file yang tidak terdapat pada pinned dan older.

  7. Search for online template and themes :
  8. tempat untuk mencari template atau tema presentasi secara online.

  9. Theme :
  10. tema-tema yang sudah di sediakan oleh powerpoint dan siap untuk kita gunakan.

Itu tadi pembahasan tentang TAMPILAN AWAL Microsoft POWERPOINT. Saya kira cukup jelas. Berikutnya kita akan kenali tampilan utama powerpoint namun sebelumnya silahkan teman-teman pilih Blank Presentation pada USER INTERFACE dengan cara klik kiri sekali. Maka teman-teman akan masuk pada TAMPILAN UTAMA Microsoft POWERPOINT. Apa saja yang ada didalamnya ? simak penjelasan saya dibawah ini;

3. PENGENALAN TAMPILAN UTAMA

Tampilan Utama adalah tempat dimana kita mulai pekerjaan kita, seperti membuat dokumen, mengedit, menyimpan dan lain sebagainya. Pada Tampilan Utama Microsoft PowerPoint terdapat beberapa komponen yang harus anda ketahui sebelum mulai menggunakan aplikasi ini, komponen tersebut adalah ;

3.1 KOMPONEN TAMPILAN UTAMA

  1. Quick Access :
  2. kumpulan tombol perintah yang dapat mempercepat kerja anda.

  3. Title Bar :
  4. nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.

  5. Kontrol Jendela :
  6. kumpulan perintah yang dapat digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja, Minimize, Maximize, Restore Down, dan Close.

  7. Tab menu Ribbon :
  8. barisan menu yang terdiri dari perintah menu utama Microsoft POWERPOINT yaitu Home, Insert, Design, Transitions, Animations, Slide Show, Review, dan View.

  9. Ribbon :
  10. barisan tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.

  11. Dokumen Slide Area :
  12. area yang akan kita gunakan untuk membuat slide.

  13. Vertical Scroll Bar:
  14. perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.

  15. Zoom :
  16. perintah untuk memperbesar dan memperkecil tampilan pada dokumen kerja anda.

  17. Tombol Viewer :
  18. kumpulan tombol yang berisi perintah tampilan area dokumen slide seperti, Normal, Slide Sorter, Reading View, dan Slide Show.

  19. Status Bar :
  20. kumpulan informasi tentang jumlah slide, Tema Slide, dan Langguage/Format Bahasa dari slide anda.

Untuk lebih jelasnya coba teman-teman perhatikan gambar berikut ini:

Panduan Office 25

Jika teman-teman perhatikan pada tampilan utama terdapat banyak menu pada Ribbon. Selanjutnya saya akan jelaskan bagaimana cara mengaktifkan menu-menu tersebut. Ok, simak penjelasan saya dibawah ini.

4. MENGAKTIFKAN MENU–MENU

Baiklah teman-teman semua, setelah kita mempelajari tentang tampilan utama microsoft powerpoint, sekarang lanjut ke materi selanjutnya mengaktifkan menu-menunya. Sebelumnya ada baiknya kita pahami dulu apa itu menu.

4.1 PENGERTIAN MENU

Menu adalah daftar perintah-perintah suatu perangkat lunak (program) yang apabila dieksekusi akan menjalankan suatu perintah tertentu dari aplikasi. Menu digunakan sebagai alternatif dari antarmuka baris perintah. Jadi sebuah program atau aplikasi tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya menu.

Dan sebuah program yang baik adalah apabila menu-menu pada program atau aplikasi tersebut mempermudah pengguna (User).

Menu FILE merupakan menu paling depan dari aplikasi ini. Pada menu ini terdapat beberapa tombol perintah yaitu;

  1. Info
  2. berisi tentang informasi tentang file presentasi yang sedang aktif.

  3. New
  4. berisi beberapa tema presentasi yang dapat teman-teman pilih.

  5. Open
  6. tombol untuk membuka file-file presentasi yang telah anda simpan.

  7. Save
  8. tombol untuk menyimpan file yang teman-teman buat.

  9. Save As
  10. tombol untuk menyimpan ulang file dengan nama baru.

  11. Print
  12. tombol untuk mencetak file presentasi.

  13. Share
  14. tombol untuk membagikan file presentasi.

  15. Export
  16. tombol untuk menyimpan file dalam format yang lain.

  17. Account
  18. tombol untuk login ke akun office.

  19. Feedback
  20. tombol untuk feedback(umpan balik) kepada Office.

  21. Option
  22. tombol mengubah pengaturan pada PowerPoint.

Penampakannya kurang lebih seperti ini.

Panduan Office 25

Menu Home merupakan menu yang terdiri atas berbagai macam pengaturan diantaranya clipboard (merupakan tempat sementara untuk menyimpan hasil copy dari dokumen seperti teks dan gambar), selain clipboard juga terdapat Font untuk mengatur huruf, paragraf yang terdiri atas pengaturan paragraf dan pengaturan Bullets and Numbering, Drawing dan Editing.

Untuk mengaktifkan Menu Home, caranya adalah klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H,

Panduan Office 25

Menu Insert merupakan menu yang digunakan untuk menyisipkan berbagai elemen multimedia dari komputer ke dalam presentasi kita, seperti menyisipkan slide, menyisipkan tabel, menyisipkan berbagai macam ilustrasi seperti Shapes, Smart Art, Chart. Selain itu, dapat menyisipkan Link, Header dan Footer, Text Box, dan karakter simbol yang terdapat pada huruf. Untuk mengaktifkan Menu Insert, klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N,

Panduan Office 25

Menu Design merupakan menu yang berisi beberapa template tampilan presentasi, Variant warna tema, ukuran slide dan background slide. Untuk dapat mengaktifkannya coba anda klik tab Menu Design pada tab menu atau tekan Alt+G,

Panduan Office 25

Menu Transition merupakan menu yang digunakan untuk membuat animasi perpindahan dari satu slide ke slide yang lain, preview, serta pengaturan timing transition. Untuk dapat mengaktifkannya coba anda klik tab Menu Transitions pada tab menu atau tekan Alt+K,

Panduan Office 25

Menu Animation adalah menu yang digunakan untuk membuat animasi, baik itu kalimat ataupun gambar, preview, serta pengaturan timing animation. Untuk dapat mengaktifkannya coba anda klik tab Menu Animations pada tab menu atau tekan Alt+A,

Panduan Office 25

Menu Slide Show adalah menu yang kita gunakan untuk melihat hasil presentasi yang telah kita buat. Untuk dapat mengaktifkannya coba anda klik tab Menu Slide Show pada tab menu atau tekan Alt+S,

Panduan Office 25

Review memuat perintah-perintah yg berkaitan dengan pengecekan tata bahasa , revisi dokumen , dan data proteksi dokumen. Didalam tab review terdapat berbagi group/icon, diantaranya adalah proofing, accessibility, insights, language, comments, compare, dan ink. Untuk mengaktifkannya coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R,

Panduan Office 25

View digunakan untuk menentukan atau menyembunyikan mode tampilan ketika bekerja dengan program. Didalam tab view terdapat berbagi group/icon, diantaranya adalah pesentation views, Master Views, show, Direction, zoom, Color/Grayscale, windows, dan macros. Untuk mengaktifkannya coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W,

Panduan Office 25

Tip : Jika mouse anda terdapat tombol scrollnya(roda), maka anda dapat berpindah dari satu menu ke menu lainnya dengan meletakkan kursor pada tab menu ribbon dan menggeser tombol scroll yang ada pada mouse anda.

5. MEMBUAT PRESENTASI BARU DI POWERPOINT

Setelah kita paham cara mengaktifkan menu-menu dari Microsoft PowerPoint, selanjutnya kita akan coba membuat presentasi baru. Sebenarnya ketika teman-teman membuka aplikasi ini secara otomatis akan membuka sebuah dokumen presentasi baru. Namun ketika kita ingin membuat presentasi baru lagi tanpa harus menutup presentasi yang sudah terbuka maka yang dapat teman-teman lakukan adalah seperti berikut ini;

  1. Klik menu FILE › New.
  2. Pada Kotak Dialog disebelah kanan pilih › Blank Presentation

Sampai langkah-langkah membuat presentasi baru sudah selesai. Selanjutnya kita akan pelajari bagaimana cara menyimpan presentasi yang telah kita buat. Simak pembahasannya dibawah ini.

MENYIMPAN FILE PRESENTASI

Presentasi yang telah kita buat hari ini mungkin dilain waktu ada yang ingin kita tambah atau kita kurangi, oleh karena itu kita harus menyimpannya.

Disini saya hanya akan memberikan langkah-langkah menyimpan presentasi. Untuk praktiknya nanti akan saya berikan pada tugas di akhir pembelajaran ini.

Ada 3 cara yang biasa saya gunakan untuk menyimpan presentasi;

Ok, teman-teman semua....perhatikan baik-baik langkah-langkah menyimpan presentasi berikut ini,

a. Cara menyimpan presentasi yang pertama

Ini adalah cara yang paling simple, yaitu dengan cara

  1. tekan tombol kombinasi Ctrl+S pada keyboard
  2. tunggu sampai sebuah kotak dialog tampil
  3. kemudian silahkan pilih drive
  4. isi nama file
  5. dan terakhir klik tombol save pada kotak dialog.

b. Cara menyimpan presentasi yang kedua

  1. Klik logo disket pada Quick Access
  2. tunggu sampai sebuah kotak dialog tampil
  3. kemudian silahkan pilih drive
  4. isi nama file
  5. dan terakhir klik tombol save pada kotak dialog.

c. Cara menyimpan presentasi yang ketiga

  1. Klik menu FILE › Save
  2. tunggu sampai sebuah kotak dialog tampil
  3. kemudian silahkan pilih drive
  4. isi nama file
  5. dan terakhir klik tombol save pada kotak dialog.

Silahkan teman-teman pilih cara mana yang paling mudah menurut teman-teman.

7. MENUTUP PRESENTASI

Ini pembahasan paling akhir pada modul 1 ini yaitu menutup presentasi. Langsung saja ada 3 cara menutup presentasi.

a. Cara menutup presentasi yang pertama

Ini adalah cara yang paling simple, yaitu dengan cara tekan tombol kombinasi Ctrl+F4 pada keyboard

b. Cara menutup presentasi yang kedua

Klik menu FILE › Close.

c. Cara menutup presentasi yang ketiga

Klik tanda close (X) di pojok kanan atas.

Bila kita belum menyimpan presentasi maka akan tampil kotak dialog yang menanyakan apakah teman-teman akan menyimpan file atau tidak, jika ya maka tekan tombol save dan jika tidak tekan tombol don't save

8. EVALUASI

Pada bagian akhir ini kita evalusai apakah dari materi awal hingga terakhir di modul 1 ini teman-teman sudah paham atau perlu membaca ulang keteranga saya dari awal. Mari kita coba!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini !

  1. Ada berapa cara menjalankan Microsoft PowerPoint ? Sebutkan !
  2. Apa saja yang terdapat pada User Interface ? Sebutkan !
  3. Sebutkan komponen-komponen yang terdapat pada tampilan utama !
  4. Sebutkan menu utama yang terdapat pada PowerPoint !
  5. Sebutkan cara menyimpan file presentasi !
  6. Sebutkan cara menutup presentasi !

Selamat mengerjakan ! bila ada yang lupa teman-teman boleh baca lagi kok…hehehe…

Ok teman-teman, sampai disini materi pengenalan dasar powerpoint sudah selesai kita bahas.

Jika ada yang belum jelas silahkan bertanya di kolom komentar. Jangan lupa silahkan berkomentar yang sopan dan bagikan jika ini bermanfaat supaya lebih banyak yang mendapatkan manfaat dari tutorial ini dan juga menjadi amal jariyah bagi kita semua.

Terima kasih sudah membaca hingga akhir semoga bermanfaat.

Wassalamu;alaikum wr. wb.

Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan 1 dari 9 PANDUAN POWERPOINT TINGKAT DASAR

11%