MENGENAL MENU TRANSITION pada POWERPOINT

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum wr. wb. Hallo….teman-teman, Jumpa lagi dengan blog kesayangan kita Panduan Office 25. Sebuah blog yang membagikan panduan seputar Microsoft office, baik itu word, excel, maupun powerpoint.

Baiklah pada pertemuan kali ini kita akan belajar bersama tentang

MENGENAL MENU TRANSITIONS pada POWERPOINT

NB.Teman-teman bisa langsung menuju materi dengan mengklik judul yang ada pada daftar materi diatas.

Namun seperti biasa bagi teman-teman yang baru bergabung dan belum mengikuti halaman facebook @panduanoffice25 dan juga subscribe channel youtube panduan office 25 terlebih dahulu, dan jangan lupa juga aktifkan tombol loncengnya supaya tidak ketinggalan dengan pembahasan-pembahasan dari panduan office 25 berikutnya.

Tak terasa kita sudah sampai pada menu yang keenam yaitu menu TRANSITION. Yang ketinggalan dengan pembahasan kita kemarin silahkan baca dulu materi kemarin Pengenalan Menu Design..

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenal lebih dalam tentang menu Design, apa saja yang ada didalamnya dan apa kegunaannya khusus pada program aplikasi PowerPoint. Bagi teman-teman yang baru mengenal menu ini ikuti pembahasannya berikut ini.

Namun sebelum kita bahas lebih lanjut, kita mulai terlebih dahulu dengan membaca surat Al-Fatihah, semoga dengan pembacaan surat ini Allah membukakan hati dan pikiran kita sehingga mudah dalam memahami apa yang kita pelajari kali ini. Amien.

Menu Transition adalah menu keenam yang sering digunakan pada aplikasi powerpoint. Menu Transitions merupakan menu yang terdiri atas berbagai macam pengaturan untuk perpindahan antar slide, diantaranya Preview, Transition to This Slide, dan Timing.

Baiklah teman-teman semua langsung saja kita mulai dari group icon yang pertama. Kita akan memulai dari group icon yang paling kiri yaitu,

PREVIEW

Preview adalah tombol yang dapat teman-teman gunakan untuk melihat efek transisi yang teman-teman pilih.

TRANSITION TO THIS SLIDE

Transition to This Slide adalah group icon yang berisi 49 efek transisi yang siap anda gunakan.

TIMING

Timing adalah group icon yang berisi pengaturan suara, dan durasi untuk efek transisi. Pada group icon Timing berisi 6 icon perintah, yaitu Sound, dan Format Background.

  1. Sound adalah perintah untuk menambahkan suara untuk transisi (perpindahan antar slide). Ada 21 pilihan suara yang dapat teman-teman gunakan,
  2. Duration adalah perintah mengatur panjang atau pendek durasi dari setiap slide.
  3. Apply to All adalah perintah untuk mengaplikasikan pengaturan yang sudah kita buat untuk seluruh slide.
  4. On Mouse Click adalah perintah untuk memformat perpindahan antar slide berdasarkan klik.
  5. After adalah perintah untuk memformat perpindahan antar slide berdasarkan waktu yang di tentukan.

Alhamdulillah, seluruh materi dalam menu Transition telah kita bahas. Saya kira sudah cukup jelas semuanya. Bila ada yang teman-teman tanyakan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Untuk seri berikutnya insyaallah kita akan bahas mengenai Menu Animation.

Demikianlah sedikit yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mengikuti panduan ini hingga akhir. Jangan lupa jika panduan ini bermanfaat silahkan dibagikan. Supaya lebih banyak lagi yang mendapatkan manfaat. Sampai ketemu pada panduan berikutnya. Wassalamu’alaikum wr. wb.

Anda sudah menyelesaikan 8 dari 12 pembahasan
96%

Pembahasan berikutnya