PENGENALAN MENU FILE PADA MICROSOFT WORD 2019

Bismillahirrahmanirrahim... Assalamu'alaikum wr. wb. Hallo teman-teman, jumpa lagi di channel kesayangan kita panduan office 25. Sebuah channel yang memberikan panduan seputar Microsoft office. Baik itu word, excel, maupun powerpoint.

Pada seri yang ketiga ini pembahasan kita adalah

PENGENALAN MENU FILE PADA MICROSOFT WORD 2019

Adapun materi untuk pembahasan ini adalah,

NB.Teman-teman bisa langsung menuju materi dengan mengklik judul yang ada pada daftar materi seri 3 diatas.

Namun seperti biasa bagi teman-teman yang baru bergabung dan belum mengikuti halaman facebook @panduanoffice25 dan juga subscribe channel youtube panduan office 25 terlebih dahulu, dan jangan lupa juga aktifkan tombol loncengnya supaya tidak ketinggalan dengan pembahasan-pembahasan dari panduan office 25 berikutnya.

Baiklah sebagai awal pembahasan kita tentang menu file silahkan teman-teman aktifkan menu file pada microsoft teman-teman. Pada tampilan menu file terbagi menjadi 2 bilah. Bilah yang pertama berisi 13 menu yang berjajar rapi secara vertical. Menu-menu tersebut adalah : Home, New, Open, Info, Save, Save As, Print, Share, Export, Close, Acount, Feedback, dan Option.

Sedangkan bilah yang ke 2 berfungsi menerangankan isi dari setiap menu pada bilah pertama.

Kita akan bahas menu-menu ini satu persatu namun untuk menu Home, New, Open, Acount, Feedback, dan Option tidak akan kita bahas karena sudah kita bahas pada seri pertama kemarin. Bagi yang ketinggalan silahkan baca seri yang pertama.

Untuk pembahasan kita yang pertama akan kita mulai dari menu

1. MENU INFO

Info merupakan menu yang berisi ringkasan informasi tentang dokumen yang sedang kita kerjakan.

Informasi ini dapat kita lihat pada bilah kedua. Informasi yang ditampilkan mulai dari yang paling atas adalah :

1. NAMA DOKUMEN apabila kita telah menyimpan dokumen maka nama dokumen akan tampak disini, namun apabila belum maka tempat ini akan kosong.

2. TEMPAT DOKUMEN DISIMPAN disini kita bisa melihat pada drive dan folder apa dokumen kita tersimpan.

Kemudian berikutnya terdapat 4 buah tombol perintah yang berbentuk persegi Panjang yaitu,

3. UPLOAD yang berfungsi untuk mengunggah dokumen kita ke OneDrive(untuk penjelasan apa itu OneDrive telah saya sampaikan di seri yang pertama).

4. SHARE yang berfungsi membagikan dokumen yang kita simpan di OneDrive kepada yang lain.

5. COPY PATH yang berfungsi menyalin lokasi penyimpanan dari dokumen yang sedang kita kerjakan.

6. OPEN FILE LOCATION yang berfungsi membuka lokasi dokumen yang sedang kita kerjakan.

7. PROTECT DOCUMENT, tombol ini berfungsi mengontrol tipe perubahan apa yang bisa dilakukan orang pada dokumen. Pada tombol ini terdapat 6 pilihan yaitu,

  • Always Open Read-Only ini berfungsi membuat dokumen yang kita buat hanya bisa dibaca dan tidak dapat diedit atau di modifikasi.
  • Encrypt with password ini berfungsi membuat sebuah password untuk dokumen.
  • Restrict Editing ini berfungsi mengatur pengeditan yang diperbolehkan pada dokumen.
  • Restrict Access ini berfungsi membatasi orang lain dalam mengakses dokumen.
  • Add a digital signature ini berfungsi menambahkan tanda tangan digital untuk memastikan integritas dokumen.
  • Mark as Final ini berfungsi membuat dokumen hanya bisa dibaca saja.
    Dengan menjadikan dokumen anda “mark as final” maka dokumen hanya bisa dibaca saja, tidak bisa diketik ulang maupun diedit. Tombol yang kedua adalah,

8. INSPECT DOCUMENT, tombol ini berfungsi untuk pengecekan ulang dokumen sebelum dipublikasikan. Pada tombol ini terdapat 3 pilihan yaitu,

  • Inspect Document ini berfungsi untuk pengecekan properti yang tersembunyi atau informasi pribadi pada dokumen. Terdapat 11 pilihan pengecekan dokumen yaitu;
    • comments, revisions and versions. Pilihan ini berfungsi untuk pengecekan komentar, versi dan tanda revisi.
    • Document properties and personal information. Pilihan ini berfungsi untuk pengecekan metadata atau informasi pribadi yang tersembunyi dan tersimpan dalam dokumen.
    • Task Pane add-ins. Pilihan ini berfungsi untuk pengecekan task pane add-ins yang tersimpan dalam dokumen.
    • Embeded Documents. Pilihan ini berfungsi untuk pengecekan embedded dokumen yang mungkin tersimpan dalam dokumen.
    • Macros, Forms and ActiveX Controls. Pilihan ini berfungsi untuk pengecekan macros, form dan tombol activeX.
    • Inks. Pilihan ini berfungsi untuk pengecekan inks pada dokumen.
    • Collapsed Headings. Pilihan ini berfungsi untuk pengecekan dokumen untuk teks yang telah diciutkan di bawah judul.
    • Customs XML Data. Pilihan ini berfungsi untuk pengecekan data xml khusus yang disimpan dengan dokumen ini.
    • Headers, Footers and Watermarks. Pilihan ini berfungsi untuk pengecekan periksa dokumen untuk informasi di header, footer, dan tanda air.
    • Invisible Content. Pilihan ini berfungsi untuk pengecekan memeriksa dokumen untuk objek yang tidak terlihat karena telah diformat sebagai tidak terlihat. ini tidak termasuk benda yang tertutup benda lain.
    • Hiden Text. Pilihan ini berfungsi untuk pengecekan dokumen untuk teks yang telah diformat sebagai tersembunyi.
  • Check Accessibility ini berfungsi untuk pengecekan isi dokumen yang mungkin sulit dibaca oleh penyandang disabilitas.
  • Check Compatibility ini berfungsi untuk pengecekan fitur yang tidak didukung oleh Microsoft Word versi sebelumnya.
  • 9. MANAGE DOCUMENT, tombol ini berfungsi untuk membuat pengaturan pada dokumen. Pada tombol ini hanya terdapat 1 pilihan saja yaitu, Recover Unsaved Document ini berfungsi untuk memulihkan dokumen yang belum disimpan.
  • Kemudian jika kita lihat di sebelah kanan. Disana terdapat deretan informasi vertical tentang dokumen yang sedang kita kerjakan. Informasi tersebut adalah, Propeties, Related Date, Related People, dan Related Documents.

    Dalam informasi properti berisikan :

    1. size (ukuran file)
    2. pages (jumlah halaman)
    3. words (jumlah kata)
    4. total editing time (lama pengeditan)
    5. title (judul)
    6. taqs (taq) dan,
    7. comments (komentar)

    Dalam informasi related date berisikan :

    1. Last Modified (terakhir kali diedit)
    2. Created (tanggal serta waktu pembuatan)
    3. Last Printed (terakhir kali dicetak)

    Dalam informasi related people berisikan :

    1. Author (pencipta)
    2. Last Modified by (diedit terakhir oleh)

    Dalam informasi related documents berisikan :

    1. Open File Location (membuka tempat file dokumen diletakkan)

    Baiklah lanjut ke menu berikutnya yaitu,

    2. MENU SAVE

    Save adalah sebuah perintah yang berfungsi untuk menyimpan dokumen.

    Kemudian menu berikutnya adalah,

    3. MENU SAVE AS

    Save As adalah sebuah perintah yang berfungsi untuk menyimpan dokumen dengan nama, lokasi, atau format yang baru. Ada 5 pilihan tempat penyimpanan yaitu; Recent, OneDrive, This PC, Add a place, dan Browse.(untuk penjelasan dari masing-masing tempat penyimpanan ini telah kita bahas pada video seri pertama.)

    Menu selanjutnya setelah Save As adalah,

    4. MENU PRINT

    Menu ini berfungsi mencetak dokumen. Pada bilah 2 dimenu ini menampilkan tombol Print, Copies, Printer dan Setting. Ok kita bahas fungsi masing-masing.

    1. Tombol Print berfungsi memberikan perintah cetak.

    2. Copies yang berfungsi menentukan jumlah yang ingin dicetak.

    3. Printer yang berfungsi menentukan mesin printer mana yang akan digunakan untuk mencetak. Kita juga dapat mensetting printer melalui printer properties.

    4. Setting berfungsi membuat pengaturan untuk pencetakan dokumen.

    Pada setting terdapat 7 pengaturan yaitu,

    1. Bagian dokumen mana yang ingin kita cetak.

    Apa yang akan kita cetak dokumen atau informasi dari dokumen tersebut.

    Jika kita ingin mencetak dokumen maka ada 4 pilihan yang dapat kita gunakan yaitu,

    • Print All Pages (mencetak semua yang ada pada halaman dokumen),
    • Print selection(mencetak halaman yang dipilih saja),
    • Print Current Pages(mencetak halaman yang sedang kita edit saja),
    • Custom Print(mencetak halaman tertentu) untuk pilihan ini kita harus menuliskan halaman yang kita pilih pada kolom pages yang berada dibawahnya.

    Kemudian jika kita ingin mencetak informasi pada dokumen tersebut maka kita diberikan 5 pilihan yaitu,

    • Document info(mencetak properti dokumen seperti, judul, pencipta, dan nama file)
    • List of Markup(mencetak komentar atau pesan pada sebuah kata atau kalimat)
    • Styles(mencetak daftar style yang digunakan pada dokumen)
    • Auto Text Entries(mencetak daftar item yang ada pada auto text galeri kita)
    • Key Assignments(mencetak daftar tombol pintasan khusus)

    Terakhir ada 3 pilihan tambahan lagi yaitu,

    • Print Markup(mencetak komentar atau pesan pada sebuah kata atau kalimat),
    • Only print odd Pages(mencetak halaman ganjil saja), dan
    • Only print Even Pages(mencetak halaman genap saja).

    2. Sisi media cetak mana yang ingin kita gunakan.

    Jika ingin mencetak satu sisi kertas saja maka kita cukup menggunakan Print one sided, atau jika ingin mencetak pada 2 sisi kertas(bolak-balik) maka pilihannya adalah Manually print on both sides. Untuk pilihan ini kita harus memasukkan ulang kertas yang sudah tercetak ke dalam mesin printer.

    3. Mencetak secara berurutan atau tidak berurutan.

    Collated adalah pilihan untuk mencetak dokumen secara berurutan sedangkan kebalikannya adalah Uncollated.

    4. Orientation

    bentuk kertas ketika dicetak apakah portrait(berdiri) ataukah landscape(membujur). Selanjutnya dibawah orientation terdapat

    5. Ukuran kertas

    apa yang kita gunakan apakah A4, F4, dsb. Jika ukuran kertas tidak tersedia maka kita bisa menggunakan More Paper Size.

    6. Margin

    Margin adalah batas tepi dokumen. Disini terdapat 6 pengaturan yang disediakan yaitu, Last Custom Setting(setingan terakhir), Normal, Narrow, Moderate, Wide, dan Mirored. Bila pilihan yang tersedia tidak sesuai kita bisa membuat pengaturan sendiri melalui Custom Margins.

    7. Dicetak dalam berapa lembar.

    Bila teman-teman ingin mencetak seluruh halaman dalam selembar kertas maka dibagian terakhir ini kita bisa mengaturnya. Disini terdapat pilihan 1 page per sheet, 2 page per sheet, 4 page per sheet, 6 page per sheet, 8 page per sheet, 16 page per sheet. Dan terakhir adalah scale to paper size(menyesuaikan ukuran kertas).

    Menu selanjutnya setelah Print adalah,

    5. MENU SHARE

    Menu ini berfungsi membagikan dokumen. Pada bilah 2 dimenu ini terdapat 3 pilihan yaitu; Share with People, Email, Present Online dan Post to Blog. Ok kita bahas fungsi masing-masing.

    1. Share with People berfungsi membagikan dokumen dengan orang lain secara online. Untuk dapat menggunakan fasilitas ini kita harus menyimpan dokumen kita di OneDrive terlebih dahulu.
    2. Email yang berfungsi membagikan dokumen via email. Disini kita diberikan pilihan Send as Attachment(file asli), Send as Link(membagikan link saja), Send as PDF(dalam format PDF), Send as XPS(dalam bentuk XPS), dan Send as Internet Fax(dalam bentuk Faximile).
    3. Present Online yang berfungsi membagikan dokumen ke web browser.
    4. Post to Blog yang berfungsi membagikan dokumen ke blog pribadi kita.

    Menu selanjutnya setelah Share adalah,

    6. MENU EXPORT

    Menu ini berfungsi menyimpan dokumen dalam format yang lain. Pada bilah 2 dimenu ini terdapat 2 pilihan yaitu;

    1. Create PDF/XPS document(dalam bentuk PDF/XPS)dan
    2. Change File Type(mengganti tipe dokumen). Untuk mengganti tipe dokumen kita diberikan 8 pilihan yaitu, *.docx, *.doc, *.odt, *.dotx, *.txt, *.rtf, *.mht, *.mhtml, atau tipe yang lainnya.

    Menu terakhir adalah,

    7. MENU CLOSE

    Menu ini berfungsi menutup dokumen kerja kita.

    Demikian pembahasan pada seri ketiga kali ini tentang pengenalan menu file pada Microsoft word 2019. Untuk pembahasan berikutnya akan kita bahas pengenalan menu home pada Microsoft word 2019.

    Jadi ikuti terus channel panduan office 25 supaya tidak ketinggalan dengan panduan-panduan berikutnya.

    Terima kasih sudah mengikuti pembahasan ini hingga akhir. Semoga sedikit yang saya sampaikan ini bermanfaat. Jika ada yang belum jelas silahkan bertanya di kolom komentar.

    Terima kasih. Wassalamualaikum wr. wb.

    Anda sudah menyelesaikan 3 dari 12 seri
    25%

    Lanjut ke seri 4