Wednesday, May 3, 2017

Microsoft Excel : Mengenal bagian-bagian tampilan interface Microsoft Excel

video penjelasan lengkap tampilan microsoft excel

Bismillahirrahmaanirrahim... Assalamu'alaikum wr wb. Hallo teman-teman PANDUAN OFFICE 25 yang dirahmati Allah, Kali ini saya akan bagikan tampilan utama dari microsoft excel. Ini adalah dasar yang harus anda miliki sebelum nanti akhirnya anda menggunakan program ini.

Tujuan pengenalan ini adalah supaya anda nanti tidak bingung ketika dalam panduan kami hanya menyebutkan nama tanpa menyertakan gambar. Baiklah kita masuk pada materi yaitu :

PENGENALAN INTERFACE/TAMPILAN Microsoft EXCEL

Sebagai langkah pertama tentunya buka dulu program Microsoft Excel. Setelah kita buka Microsoft Excel kira-kira tampilan yang akan muncul seperti gambar dibawah, terdapat 17 komponen yang wajib anda ketahui.

Komponen-komponen tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Quick Access
  2. Title Bar
  3. Tab Menu Ribbon
  4. Ribbon
  5. Kontrol Jendela
  6. Tab Worksheet
  7. Colomn
  8. Baris
  9. Dokumen Area
  10. Name Box
  11. Formula Bar
  12. Horizontal Scroll Bar
  13. Sel Aktif
  14. Status Bar 
  15. Vertical Scroll Bar
  16. Zoom
  17. Tombol Viewer.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini:

penjelasan lengkap komponen INTERFACE/TAMPILAN Microsoft EXCEL beserta fungsinya

KETERANGAN :

  1. Quick Access
  2. Kumpulan tombol perintah yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button.

  3. Title Bar
  4. Adalah nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.

  5. Tab Menu Ribbon
  6. barisan menu yang terdiri dari perintah menu utama Microsoft EXCEL yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.

  7. Ribbon
  8. tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.

  9. Kontrol Jendela
  10. kumpulan perintah yang dapat digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja, Minimize, Maximize, Restore Down, dan Close.

  11. Tab Worksheet
  12. Tombol perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah.

  13. Column
  14. Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD.

  15. Baris
  16. untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1048576.

  17. Document Area
  18. merupakan lembar kerja yang aktif. 

  19. Name Box
  20. Kotak yang berisi nama sel yang sedang aktif. 

  21. Formula Bar
  22. Kotak yang berisi rumus atau fungsi dari sebuah sel. 

  23. Horizontal Scroll Bar
  24. perintah untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan. 

  25. Sel Aktif
  26. tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal. 

  27. Status Bar
  28. kumpulan informasi terkait status program excel atau worksheet yang sedang aktif.

  29. Vertical Scroll Bar
  30. perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.

  31. Zoom
  32. perintah untuk memperbesar & memperkecil tampilan pada lembar kerja anda.

  33. Tombol Viewer
  34. terdiri dari perintah untuk merubah tampilan layar. Terdiri dari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan Page Break Preview.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang PENGENALAN INTERFACE/TAMPILAN Microsoft EXCEL. Semoga bermanfaat, jika ada yang belum jelas silahkan bertanya di kolom komentar. Setelah kita memahami interface/tampilan awal, selanjutnya kita akan mempelajari bagaimana cara mengaktifkan menu-menu yang ada pada interface, temukan pada bab selanjutnya...Wassalamu'alaikum wr.wb.

Untuk penjelasan detailnya bisa teman-teman toton pada video berikut ini

Anda sudah menyelesaikan 1 dari 6 bab

17%

Lanjut ke panduan berikutnya

0 Comments:

Post a Comment