Tuesday, January 31, 2023

Cara membuat Border di Word paling recomended

video tutorial cara membuat bingkai di microsoft word

Apa itu border pada word ?

CARA MEMBUAT BORDER DI WORD PALING RECOMENDED - Hai, sobat panduan office 25. Border adalah sebuah fasilitas dalam microsoft word yang dapat kita manfaatkan untuk menarik perhatian mata dan akan menonjolkan informasi yang ada di dalam dokumen tersebut. Bingkai ini biasanya dipakai untuk dokumen yang bersifat resmi dan berharga seperti ijazah, akta kelahiran, sertifikat, dan lainnya.

Bagaimana cara membuat border pada dokumen word ?

Jika itu pertanyaan anda, panduan office 25 adalah tempat yang tepat untuk menemukan jawabannya. Materi kita kali ini adalah membuat border pada dokumen word. Border atau dalam bahasa indonesia artinya bingkai dapat kita tambahkan kedalam halaman dokumen supaya terlihat cantik dan menarik.

caranya sangat-sangat mudah, teman-teman hanya perlu membaca tutorial hingga akhir jangan sampai berhenti, supaya tidak ada satupun yang terlewatkan dari tutorial ini. Ok, langsung saja kita mulai panduannya.

Langkah-langkah Membuat Border di Ms Word

cara membuat border di word

Untuk membuat border di ms word langkah-langkahnya sebagai berikut

1. aktifkan menu desain

langkah membuat border yang pertama adalah mengaktifkan menu design. caranya arahkan kursor pada menu design yang terdapat pada menu ribbon. kemudian setelah menu design aktif lihat pada ikon yang terdapat diujung kanan yaitu page border. (apabila teman-teman tidak menemukan ikon ini, coba teman-teman cari di menu page layout)

2. aktifkan page border

langkah membuat border yang berikutnya adalah klik kiri sekali pada ikon page border, kemudian pada popup yang tampil pilih page border, karena kita ingin memberikan border pada bagian halaman, namun apabila kita ingin memberikan border pada bagian teks maka pilih bilah border.

3. setting border

langkah membuat border berikutnya adalah mensetting border. terdapat 5 pilihan untuk mensetting border yang pertama adalah none yaitu menghilangkan border, yang kedua box yaitu memberikan border yang mengelilingi halaman, yang ketiga shadow yaitu memberikan bayangan pada border, yang keempat 3-D yaitu memberikan effect 3 dimensi pada border, dan yang terakhir custom atau membuat bingkai dengan pengaturan khusus. Pilih salah satu dari pengaturan diatas.

4. setting style, color, width dan art border

langkah membuat border berikutnya adalah mensetting style, color, width dan art border. Pilih model garis pada pilihan style, apakah garis lurus atau putus-putus. Ubah warna pada bagian color (ini tidak berlaku pada bagian custom), ubah ketebalan garis pada bagian width dan pilih ornament pada bagian art.

5. lihat hasil pada bagian preview

langkah membuat border berikutnya adalah melihat hasil pada bagian preview. Pastikan apa yang sudah anda kerjakan sesuai keinginan dengan melihat bagian preview.

6. setting apply to

langkah membuat border berikutnya adalah mensetting apply to. Pilih halaman yang ingin diberikan bingkai. Jika ingin membuat bingkai untuk seluruh halaman? Maka pilih whole dokumen, jika ingin membuat bingkai untuk halaman yang sedang aktif saja, maka pilih this section, jika ingin membuat bingkai untuk halaman depan saja, maka pilih this section – first page only, dan pilihan terakhir adalah untuk semua dokumen kecuali halaman pertama yaitu, this section – all except first page.

Untuk membuat border pada bagian teks caranya sama, namun untuk teks tidak terdapat pilihan custom dan pada bagian apply to hanya terdapat 2 pilihan yaitu text dan paragraph

Demikian tutorial tentang cara membuat border pada Microsoft word. Semoga tutorial ini bermanfaat. Untuk visualnya dapat temanteman lihat pada video dibawah ini. Terima kasih sudah membaca hingga akhir. Sampai jumpa dalam panduan-panduan yang lainnya.

0 Comments:

Post a Comment